Selasa, 11 Oktober 2016

Tentang Ketidakjelasan

Tentang ketidakjelasan.... Saat banyak pertanyaan yang tak terjawab. Seperti satu ungkapan, novelis menulis untuk membuat banyak pertanyaan bukan untuk menjawab nya. Pantaslah, setelah aku selesai membaca satu novel, kepalaku justru memproduksi banyak pertanyaan. Tak semua terjawab. Makanya jadi penuh ketidakjelasan.

Pembelaannya : karena hidup terlalu sederhana. Kita butuh terus mencari masalah. Masalah lahir dari tanya dan tanya. Buktinya skipsi, tesis, atau desertasi itu dimulai dengan mencari masalah. Pun itu butuh dosen pembimbing. Siapa bilang orang cari masalah itu kurang kerjaan, justru secara akademik kita dituntut untuk pintar mencari masalah.

Dan ketidakjelasan kita pun jangan diartikan tanpa keindahan. Bukankah warna hitam itu pilar penting dalam lukisan, bukankah jeda sunyi itu bagian penting dari sebuah komposisi lagu, bukankah misteri itu sisi penting dari sebuah cerita?

Karenanya mari kita nikmati ketidakjelasan ini. Mari.

Halte pancoran 01/08/2016
Poetoe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hujan Bercanda

Hujan bercanda pada mimpi di ruang benak bahwa waktu telah sempurna ubah kita demikian dekat dan hangat menjadi kering dan sepi ukuran angka...